Thursday, November 16, 2006

Gajah Sirkus

Suatu hari pernah terjadi musibah kebakaran dalam sebuah rombongan sirkus, dan kebakaran meluas sampai ke kandang gajah, dan banyak diantara gajah-gajah tersebut mati terbakar. Padahal gajah tersebut hanya diikat tali kecil dikakinya dan ditambatkan pada sebuah pasak kecil ditanah. Gajah tersebut tidak berusaha memutuskan tali kecil tersebut, walaupun sebenarnya dengan kekuatan yang dimilikinya sebenarnya sangat mudah memutuskan tali tersebut. Namun gajah tersebut tidak berusaha, karena sejak kecil oleh pelatihnya diikat dengan tali yang kelihatannya sangat kuat dan besar sehingga ketika gajah tersebut berusaha memutuskan tali selalu mengalami kegagalan dan bahkan merasakan kesakitan di kakinya. Lama-kelamaan terbentuklah keyakinan bahwa tidak mungkin mereka bisa memutuskan tali tersebut, bahkan mereka tidak berusaha berjalan agar tonggaknya tercabut.

Keyakinan tersebut terbentuk sampai gajah tersebut sudah dewasa dan kuat, mereka tetap yakin bahwa tidak mungkin memutuskan tali, padahal ukuran tali dan tonggaknya jauh amat kecil dibandingkan tubuh mereka yg besar dan kuat.

Tali-tali kemustahilan macam apa yang membuat banyak orang tidak mau bergerak untuk mencapai sukses. Pengalaman masa lalu yang pahit? Beranilah untuk mencoba lagi. Jangan menjadikan masa lalu anda sebagai masa depan anda. Kita bisa berubah. Putuskan tali-tali simbol “kemustahilan” anda maka andapun akan sukses

No comments:

 
Tech Tags: